200 Fotografer Sumbang Rumah Sakit Kusta

HIDUPKATOLIK.com – Koordinator Paroki (Kopar) Choice Katedral Jakarta mengadakan hunting dan lomba foto bertajuk “Photo for Love”, Sabtu, 4/8. Acara ini diikuti sekitar 200 fotografer dari Jakarta dan sekitarnya. Mereka memotret arsitektur bangunan Katedral St Maria Diangkat ke Surga Jakarta.

Selain memotret arsitektur bangunan yang telah berusia lebih dari 100 tahun ini, para fotografer juga turut menggalang dana bagi para penderita kusta di Rumah Sakit Rehabilitasi Kusta Maria Bunda Pembantu Abadi Naob, Kefa, Nusa Tenggara Timur. Rehabilitasi itu dikelola oleh Yayasan Sosial Ibu Anfrida, milik Tarekat Puteri Reinha Rosari (PRR).

Acara ini diadakan dalam rangkaian kegiatan Peduli Kusta yang telah dimulai sejak 2002. Dari 2002 hingga 2009, Kopar Choice Katedral telah mengadakan bakti sosial untuk para penderita dan mantan penderita kusta yang ditangani oleh Yayasan Sosial Marfati JMJ Tangerang. Pada tahun ini, Choice Katedral bekerjasama dengan Yayasan Sosial Ibu Anfrida.

Sejak 7 Oktober 1996, Yayasan Sosial Ibu Anfrida telah bercita-cita merawat para penderita kusta. Baru pada 28 Desember 1998, dengan bantuan berbagai pihak, yayasan ini mulai menerima pasien kusta di rumah sakit kusta yang didirikannya. Selama kurun waktu 1999-2000, rumah sakit ini hanya menerima pasien pria. Namun sejak 2001, rumah sakit kusta ini sudah bisa menerima pasien perempuan. Selain rumah sakit kusta, yayasan ini juga memberi pelayanan kepada anak-anak dengan mendirikan panti asuhan di Kupang.