Profil

Sekilas tentang Peduli Kusta

Sejak tahun 2002-2009 Bakti Sosial Koordinator Paroki (KORPAR) Choice Katedral-Jakarta telah bekerjasama dengan Yayasan Sosial Marfati dalam pencarian dana bagi para penderita dan mantan penderita kusta melalui rangkaian kegiatan amal yang kami namakan sebagai berikut :

  • LG-Choice Peduli Kusta I, pada tanggal 8 November 2003, bertempat di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.
  • Malam Kasih Peduli Kusta II, pada tanggal 8 April 2006, bertempat di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.
  • Malam Kasih Peduli Kusta III, pada tanggal 2 Mei 2009, bertempat di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Seluruh hasil dari kegiatan tersebut telah kami salurkan ke Yayasan Sosial Marfati JMJ Sitanala, Tangerang.

 

Setelah sukses dengan Peduli Kusta 1-3, kami yang tergabung dalam Bakti Sosial KORPAR Choice Katedral-Jakarta tetap berkomitmen untuk membantu para penderita dan mantan penderita kusta dalam memperbaiki kehidupan mereka, baik kesehatan maupun kesejahteraannya. Untuk itu pada kesempatan kali ini kelompok Choice Paroki Katedral Jakarta akan bekerjasama dengan Yayasan Sosial Ibu Anfrida (Co-Pendiri Tarekat Suster-suster Puteri Reinha Rosari) yang berada di Naob, Kefamenamu, Timor Tengah Utara.

 

Sekilas tentang Yayasan Sosial Ibu Anfrida

Sejak 7 Oktober 1996, Yayasan Sosial Ibu Anfrida yang bercita-cita merawat saudara-saudarinya yang menderita kusta di daratan pulau Timor yang terpinggirkan ini, mendapat kemurahan hati dari pemerintah daerah yang diberikan melalui Keuskupan Atambua, sebidang tanah seluas 10 ha untuk dijadikan Rumah Sakit Kusta “Maria Bunda Pembantu Abadi”. Dengan susah payah para suster PRR menyiapkan lokasi ini, mengali sumur, membuka tanah pertanian, membuat pagar, membangun rumah-rumah sederhana dengan bahan lokal.

 

Disinilah para suster PRR ini membantu para penderita yang tersingkir dari pergaulan, dan yang tidak diperbolehkan tinggal seatap dengan orang sehat. Bagi penderita yang sudah pulih, dikembalikan ke masyarakat untuk melakukan kegiatan bercocok tanam, berkebun atau membuat kain tenun yang sudah cukup terkenal.

 

Demikianlah, semangat Kristus yang berkobar-kobar dalam diri Bapak Uskup Gabriel Manek, SVD dan Sr. Ibu Anfrida telah membuat mereka menyerahkan seluruh hidupnya bagi Kristus dalam pelayanan penuh cinta akan orang-orang miskin, terlantar dan terbuang khususnya Penderita Kusta dan Yatim Piatu.

 

Kiranya teladan dari Bapak Uskup Gabriel Manek, SVD dan Para Suster PRR yang dengan gembira dan rela tinggal bersama, melayani yang miskin dan menderita itu, mendapatkan perhatian dan uluran penuh kasih dari para dermawan.

 

TUJUAN

  1. Memperkenalkan keberadaan dan aktivitas pelayanan kusta Yayasan Sosial Ibu Anfrida kepada masyarakat.
  2. Menghimpun dana untuk membantu pengembangan sarana pembinaan Yayasan Sosial Ibu Anfrida bagi para penderita dan mantan penderita kusta.
  3. Memberi kesempatan kepada masyarakat untuk terlibat dalam pelayanan sosial melalui sumbangan dana atau suatu kegiatan kerjasama.

 

VISI

  1. Memupuk rasa kepedulian sosial kepada sesama khususnya kepada para penderita dan mantan penderita kusta.
  2. Memberikan kegiatan positif bagi kaum muda terutama dalam pelayanan dan memupuk rasa turut berbagi kepada sesama yang membutuhkan bantuan.

 

MISI

  1. Semakin tinggi nilai kepedulian dan kepekaan kaum muda akan sesama yang sangat membutuhkan bantuan.
  2. Berpartisipasi aktif dalam pelayanan sosial khususnya untuk para penderita dan mantan penderita kusta

 

KONSEP PROGRAM

Konsep program ini adalah Pengenalan Karya Pelayanan Yayasan Sosial Ibu Anfrida melalui kegiatan Penjualan Kupon Kasih, Kegiatan Pencarian Dana, dan Pertunjukan Hiburan yang dirangkai dengan Malam Kasih. Melalui kegiatan ini kiranya akan diperoleh perhatian, bantuan dana dan proyek-proyek kerjasama yang positif bagi misi pelayanan Yayasan tersebut.